Tetralogi Laskar Pelangi ….. (lanjutan…)

Tetralogi laskar pelangi lainnya “Laskar Pelangi” dan ” Edensor”. Masuk dalam list buku yang ingin gw beli.

Tetralogi Laskar Pelangi #1: Laskar Pelangi

laskar-pelangi.jpg

SINOPSIS BUKU

Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. Tengoklah Lintang, seorang kuli kopra cilik yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80 kilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu-bahkan terkadang hanya untuk menyanyikan Padamu Negeri di akhir jam sekolah. Atau Mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 Agustus. Dan juga sembilan orang Laskar Pelangi lain yang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita. Selami ironisnya kehidupan mereka, kejujuran pemikiran mereka, indahnya petualangan mereka, dan temukan diri Anda tertawa, menangis, dan tersentuh saat membaca setiap lembarnya.

 

Buku ini dipersembahkan buat mereka yang meyakini the magic of childhood memories, dan khususnya juga buat siapa saja yang masih meyakini adanya pintu keajaiban lain untuk mengubah dunia: pendidikan.
***

 

Tetralogi Laskar Pelangi #3: Edensor

edensor.jpg

SINOPSIS BUKU

Novel ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi ini bercerita tentang petualangan Ikal dan Arai di Eropa. Setelah berhasil memperoleh beasiswa ke Prancis, Ikal dan Arai, mengalami banyak kejadian yang orang biasa sebut sebagai kejutan budaya. Banyak kebiasaan dan peradaban Eropa yang berlainan sama sekali dengan peradaban yang selama ini mereka pahami sebagai orang Indonesia, khususnya Melayu.

 

Di dalam buku ini juga Ikal dan Arai kembali menuai karma akibat kenakalan-kenalan yang pernah mereka lakukan semasa kecil dan remaja dulu. Pembaca akan dibawa ke dalam petualangan mereka menyusuri Eropa dengan berbagai pengalaman yang mencengangkan, mencekam, membuat terbahak, sekaligus berurai air mata.

 

Aku ingin mendaki puncak tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda mara bahaya, dan memecahkan misteri dengan sains. Aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin lika-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka. Aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan-kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium: meletup tak terduga-duga, menyerap, mengikat, mengganda, berkembang, terurai, dan berpencar ke arah yang mengejutkan. Aku ingin ke tempat-tempat yang jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang-orang asing. Aku ingin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang gemintang. Aku ingin mengarungi padang dan gurun-gurun, ingin melepuh terbakar matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkeram dingin. Aku ingin kehidupan yang menggetarkan, penuh dengan penaklukan. Aku ingin hidup! Ingin merasakan sari pati hidup!

 

***

Novel ini kian meneguhkan kehadiran tetralogi Laskar Pelangi sebagai karya unggul yang pasti disukai pembaca.

-Ahmad Tohari, sastrawan

Andrea Hirata membuatku mabuk kepayang!

-Linda Christanty, cerpenis

17 Responses

  1. Gak usah repot2 beli… nyewa aja di Taman Bacaan tempat aku. Biaya sewa 10% dari harga buku, lama sewanya 5 hari.. hmmm gw kasih seminggu deh buat lo hahaha.

  2. @ OP :
    Thanks Sis, tapi kayaknya gimana kalo gratis peminjaman selama 2 minggu untuk 10 buku. itung-itung sebagai harga promosi …
    nyante aja ntar gw promosiin guede-guedeeaan dehh di blog gw …

  3. saya pengen banget baca yang seri keempat, maryamah kapoh. gak sabar sy menyelami samudra ilmu yg ada ditiap buku andre. sy dah cari keliling toko buku di malang, tapi ga dapet2. tolong dong dicetak lagi. kalo ada yang gratis tolog dikirimi keaku ya?thanks

  4. @ Ira Nuriya Santi :
    Untuk buku tetralogi laskar pelangi seri ke-4 : Maryamah Karpov memang belum di release. Ada info yang beredar bahwa buku jilid terakhir ini akan di launching awal 2008 tapi ada juga yg mengatakan sekitar bulan maret 2008. sabar aja ya menanti seri terakhir petualangan Arai dan Ikal dalam menempuh hidup …

  5. Lha, kok yang buku #2, “Sang Pemimpi” ketinggalan.

  6. Lha, kok yang buku #2, “Sang Pemimpi” ketinggalan.

  7. @nuragus :
    Untuk sinopsis tetralogi laskar pelangi buku ke-2 : Sang Pemimpi sudah ada kok sinopsisnya. Mungkin bisa di lihat lagi postingan saya tgl 11 Nop 2007 yang berjudul Sang Pemimpi (https://lonerider.wordpress.com/2007/11/11/31/). Terimakasih Mas Agus atas comment-nya.

  8. Gw nonton waktu Andrea Hirata tampil di Kick Andy… dia nyeritain tentang asal ide bikin Laskar Pelangi…
    Dan kekagetan dia waktu bukunya ternyata laris manis di pasaran…..

  9. AKU MO NANYA KENAPA TETRALOGI LASKAR PELANGI G DI FILMIN AJA, PASTI SWUERU!!!!!!!

  10. mendingan jgn deh,ntar bs terjadi pembunuhan karakter,kecuali sutradaranya yahud bgt..mending qta nikmati aja novelnya sambil pake imaginasinya masing2..ok?

  11. Tetralogi “Laskar Pelangi” yang ke-4 judulnya : “Maryamah Karpov” yah? Itu udah keluar belum sih? Kok aku cari di toko-toko buku gak ada yah?😦

  12. sangat terkesan dengan laskar pelangi, dari awal kisah 10 anak dimulai dari ikal, arai, semua angota, menyuguhkan hal yang sangat bagus dan harus di jadikan patokan depdiknas. semoga film ini di filmkan maka akan menjadi box office melebihi ayat2 cinta. semua akan tercengang dengan kata andrea hinata

  13. semoga maryamah karpov segera dirilis, aq pgn tau tentang cinta ikal dan arai, dengan adanya edensor itu sebagai penerus yang hebat

  14. apkah ini suka membaca novel ko sepertinya banya buku yang dijadikan sinopsis.,

  15. Klo gw lagi nunggu ada yang minjemin buku ke-4nya.
    Pengen tau endingnya gimana ya??

  16. waaaahhh… maryamah karpov memang kerenbanget setelah saya baca novelnya… bisa menjadi motivasi.. dan juga menggambarkan keadaan indonesia..

  17. wah luar biasa tetralogi laskarpelangi. Baik Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov semuanya menajubkan. Novel-novel tersebut merupakan bukti nyata bahwa kekuatan mimpi itu ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: