Setelah Ramadhan berakhir ….

Lebaran tinggal sedikit hari lagi. Bisa berkumpul dengan keluarga, dan bersilaturahim dengan tetangga maupun kerabat. Hari kemenangan yang membahagiakan. Aku teringat ceramah menjelang sholat tarawih semalam di masjid Baiturrahman. Sebuah masjid yang terletak di dalam kompleks perusahaan di Bontang. Penceramah menyampaikan bahwa pada hari-hari akhir Ramadhan, Rasulullah SAW dan para sahahat sering berlinang air mata merasa sedih. Karena, bulan Ramadhan yang penuh hikmah akan segera meninggalkan mereka. Di samping itu mereka semakin intensif beribadah. Rasulullah SAW sebagai panutan kita telah memberikan contoh bagaimana seharusnya kita bersikap menghadapi perginya Ramadhan dan datangnya Idul Fitri.

Rasulullah SAW bersabda: ” Khoirunnasi anfa’uhum linnas” yang artinya: sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya (HR Daruquthni). Dalam pandangan Islam, bekerja adaah ibadah untuk mendapat ridho Allah SWT. Dalam Al-Qur’an, ditegaskan perintah untuk bekerja. ” Dan katakanlah:bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. ” (QS At-Taubah [9]: 105).

Setelah berpuasa Ramadhan sebulan penuh, kita harus bekerja lebih giat dan lebih produktif sesuai profesi dan keahlian masing-masing. Ibarat kupu-kupu yang awalnya berupa ulat yang merugikan. Memakan daun pepohonan dengan ruang gerak terbatas, pindah dari daun ke daun. Setelah menjalani puasa, ulat mengalami metamorfosa menjadi kupu-kupu yang indah. Bisa terbang ke mana-mana. Bukan hanya untuk menghidupi dirinya. Namun juga memberi manfaat dengan membantu penyerbukan bunga untuk proses perkembang biakan tanaman. Taqabalallahu minna wa minkum……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: