seorang technical support ….

Selain sebagai msc engineer kadang aku juga biasa melakukan pekerjaan seorang technical support, tapi itu juga tergantung order sich hehehehe yaa abis mo gmana lagi kalo kita cuma ngandalin IT Support yang basecampnya nun jauh disana (baca: jakarta) kapan mo kelarnya belum lagi masalah birokrasinya yang lumayan ribet. Awalnya sich coba-coba tapi akhirnya enjoy juga. walaupun agak risih juga karena banyaknya request en waktu yang tersita tapi alhamdulillah aku masih bisa menjalaninya sampai sekarang, yaa mungkin karena aku dah jatuh cinta ma komputer kali yaa hahahaha…

Oya selain aku ada temenku di kantor yang juga biasa “diminta bantuannya” tuk troubleshooting komputer yang bermasalah namanya maman tapi biasa di panggil uya. Uya ini adalah juniorku di stt telkom yang akhirnya jadi partner kerja di mpal, sebelum di mpal dia kerja di STIN (vendornya mpal).

Sempat terlintas tuk bikin divisi repair/maintenance & troubleshooting PC tapi masih terganjal dengan masalah personal dan waktunya, makanya aku ajak uya en temenku satu lagi namanya agung biasa dipanggil abra tuk ikutan gabung dalam team. Mohon doanya aja deh moga bisa terrealisasi ……..

Oiya ini ada tips untuk menjadi technical support yang andal..(dikutip dari ilmukomputer.com) :

  • Update, dan implementasikan, maksudnya adalah kemampuan menggunakan pengetahuan pada situasi baru, IT itu selalu berkembang, dan kita juga ngga bisa tinggal diam, seorang IT technical support harus selalu mengembangkan dirinya terhadap hal hal yang baru, metode metode yang baru, sistem yang baru, walaupun di dalam infrastruktur IT kita kita belum memiliki sistem tersebut, jawabanya adalah “Virtualisasi”.
  • Disiplin Pribadi, segala sesuatu yang harus dikerjakan oleh seorang IT technical support seharusnya terjadwal dan tertata dengan baik.
  • Menghormati semua user, Angota tim, dan atasan, meski tidak dibalas, hal ini merupakan bagian yang cukup sulit, terkadang kalau kita selesai membantu orang kita pasti berharap, ya , setidaknya tersenyum dan say “thanks!”, bagaimana kalau dia tetep jutek ?, ingat bukan itu inti dari semua ini karna, yang paling penting adalah persepsi user terhadap masalah dan itulah yang harus di jawab oleh seorang support.
  • Kemampuan dan mau berkomunikasi, hal ini juga sangat baik untuk kita pada saat kita mengidentifikasikan masalah yang ada oleh user, kita harus memiliki social engineering yang baik dengan jadi pendengar yang baik dan ramah, user akan lebih senang menceritakan masalahnya
  • Kemampuan berfikir logis dan kreatif, hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi seorang technical support karna setiap penjelasan memiliki jawaban teknis yang logis yang harus dijelaskan ke user dengan semudah mungkin untuk dipahami ketika user bertanya.
  • Sikap rendah hati, ini juga penting, karna jika kita merasa aji mumpung kita yang paling jago soal IT kita bisa semena mena, kalau kita berfikir orang lain tidak bisa bekerja tampa kita, hal itu sudah salah besar, karna itu akan mencerminkan bahwa IT technical support adalah pusat degradasinya performance kerja, karna yang harus kita lakukan hanyalah agar kita tidak sombong terhadap user, dan menghargai penjelasan user
  • Belajar dari pengalaman dan pelatihan, yup, jangan takut sama hal ini, intinya sih belajar, coba, dan rusakin.
  • Cara kerja yang terperinci, yaitu dengan memperhatikan hal hal kecil yang ada di komputer, dan kita diharuskan mengetahui seluruh sistem dan cara kerja komputer, jadi pada saat kita melakukan troubleshoot kita melakukanya dengan step yang baik. dan akan mendapatkan hasil yang cepat dan analisis yang tepat
  • Dedikasi dan komitmen menyelesaikan masalah, jangan pernah menyerah, karna kita harus mencari permasalahan sampai ke akar2 nya dan menyelesaikanya.
  • Dapat menentukan prioritas, dengan mempelajari sistem kerja yang ada di perusahaan kita dapat menentukan prioritas siapa yang lebih di dahulukan ? kalau aku sih yang lebih di dahulukan adalah “Staff” daripada “Boss” karna bos tinggal nyuruh staff untuk kerja.
  • berbagi pengetahuan dengan anggota tim, atasan, dan, user, dengan cara mengajari user dengan bahasa yang lebih mudah
  • Minat akan teknologi, slalu mengikuti perkembangan teknologi komputer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: